Bakteri E Coli Bisa Ditularkan via Ponsel?


LONDON -  Bukan hanya manusia saja yang bisa terinfeksi bakteri, ponsel pun juga bisa. Apakah ponsel yang terinfeksi bakteri ini berbahaya?

Di Inggris, sekira 1 dari 6 ponsel telah terkontaminasi oleh endapan kotoran. Para ahli berpendapat, bahwa salah satu alasan bakteri-bakteri berbahaya bisa menempel di banyak perangkat genggam karena umumnya orang lupa mencuci tangan dengan benar, yakni menggunakan sabun, setelah mereka pergi ke toilet.


Dilansir melalui BelfastTelegraph, Minggu (20/11/2011), penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan dari London School of Hygiene & Tropical Medicine bersama Queen Mary, University of London.

Peneliti menemukan banyak ponsel yang bakteri E coli (Eschericia coli). Ini berbahaya bagi manusia, dan bila masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan gangguan pencernaan. Sementara dalam kasus yang lebih serius, bakteri ini dapat mengakibatkan keracunan makanan.

Dr Val Curtis dari London School of Hygiene & Tropical Medicine mengatakan, "Penelitian ini memberi lebih banyak bukti bahwa beberapa orang masih belum mencuci tangan mereka dengan benar, terutama setelah pergi ke toilet."

"Saya harap kesadaran akan keberadaan E coli di tangan dan ponsel, bisa membuat mereka lebih waspada di kamar mandi. Mencuci tangan menggunakan sabun memang cuma tindakan sederhana, tapi tidak diragukan lagi itu mampu menyelamatkan hidup," tambahnya.

Di negara-negara berkembang, mencuci tangan membantu mencegah penyebaran infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti norovirus, rotavirus, dan influenza.

1 komentar:

Jefry mengatakan...

Dari kejadian ini kita bisa mengambil hikmah dan perlu berhati - hati. Selalu cuci tangan yang bersih setelah dari kamar kecil
nice share

Posting Komentar

 
Design by Premium Themes | Website by Roynata - Premium Blogger Themes