Cara Install Xampp Di Komputer Lokal

Langkah-langkah untuk menginstall Xampp di komputer anda adalah sebagai berikut :
  1. Buka hasil download Xampp anda yang telah anda download dan simpan dikomputer lokal, bila anda belum mendownloadnya, anda dapat download disini beserta langkah-langkahnya.
  2. Klik dua kali aplikasi [Xamp Installer] untuk memulai proses awal installisasi.
  3. Muncul jendela Installer Language, pilih saja bahasa [English] kemudian klik [OK].
  4. Muncul jendela Welcome to the XAMPP 1.5.5 Setup Wizard, kemudian klik [Next].
  5. Pada jendela Choose Install Location, tentukan dimana instalisasi Xampp akan ditempatkan dikomputer lokal anda, bila sudah kemudian klik [Next]. Penulis menggunakan contoh di direktori [My Computer] > [Drive C] > [Program Files].
    Cara Install Xampp Di Komputer Lokal
    Cara Install Xampp Di Komputer Lokal
  6. Pada jendela XAMPP Option:
    • Beri tanda centang ( √ ) pada [Create a XAMPP desktop icon].
    • Beri tanda centang ( √ ) pada [Create an Apache Xampp folder in the start menus].
    • Jangan beri tanda centang ( √ ) pada [Install Apache as service], [Install MySQL as servise] dan [Install Filezilla as servise]. Supaya pada waktu anda menghidupkan komputer anda, Xampp tidak berjalan secara otomatis sebagai sebuah service.
    • Kemudian klik tombol [Install].
  7. Tunggu sampai proses installisasi selesai, setelah status bar installisasi mencapai 100%, biarkan saja karena sistem akan mengaktifkan php.exe dan database MySQL untuk memastikan sistem server telah terinstall dan bekerja dengan baik.
  8. Bila proses installisasi ini berhasil, maka akan muncul jendela Completting the XAMPP 1.5.5. Setup Wizard. Silahkan anda klik tombol [Finish].
  9. Sampai pada tahap ini proses installisasi selesai, tapi server Xampp akan melakukan pengecekan port-port service yang dibutuhkan oleh server untuk memberikan layanan server lokal. Biarkan saja dan anda tunggu beberapa detik
  10. Setelah pengecekkan port selesai, muncul jendela Service installation finished! Hint: Use also the XAMPP Control Panel to manage service, kemudian anda klik tombol [OK].
  11. Muncul jendela XAMPP Control Panel, jika anda akan menjalankan Xampp control panel tekan saja [Yes]. Bila tidak tekan saja tombol [No].
  12. Selamat!!! Dengan demikian proses intallisasi Xampp anda telah komplit dan 100% berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Premium Themes | Website by Roynata - Premium Blogger Themes