Cara Backup Game dan Aplikasi Android


 Apa jadinya jika tiba-tiba hp Android Anda error tanpa sebab, sehingga memaksa Anda untuk melakukan Factory Default, itu artinya semua data termasuk Game dan Aplikasi yang telah Anda download akan terhapus dan hilang. Alhasil nantinya Anda harus download lagi game atau aplikasi tersebut lewat Android Market.

Nah, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan seperti itu, ada baiknya Anda lakukan Backup Aplikasi dan Game di Android secara rutin. Sehingga bila terjadi error, Anda tidak harus Download lagi game atau aplikasi tersebut dan cukup install atau restore dari Backup yang telah kita buat.

Untuk proses Backup Game dan Aplikasi di Android, berikut ini adalah dua cara atau metode yakni membackup game atau aplikasi Android tersebut dalam bentuk file APK atau file mentah (Instalasi) dan cara kedua membackup game atau aplikasi berikut datanya (save game, misalnya)

Cara Pertama, menggunakan Aplikasi App Monster Pro. Aplikasi Backup untuk Android ini bisa Anda Download di Android Market. Dengan menggunakan App Monster Pro, Anda bisa dengan mudah membackup game atau aplikasi dalam bentuk APK.
 
Jalankan App Monster Pro, selanjutnya akan muncul daftar dari aplikasi yang terinstall di hp Android Anda.
Kemudian pilih salah satu aplikasi yang akan di backup, semisal dalam contoh game Talking Tom for Android
Selesai, kini game Talking Tom telah berhasil di Backup. Anda bisa membuka hasil Backup di folder AppMonster di SD Card Anda. Semua file hasil backup berekstensi APK.

Cara Kedua, menggunakan aplikasi  Titanium Backup. Aplikasi Backup ini bisa dijalankan baik Android Anda sudah di root atau belum, tapi sebaiknya biar lebih powerfull, Android Anda sudah di root sebelum menggunakan Titanium Backup.

Jalankan Aplikasi Titanium Backup. Kemudian klik pada tab Backup & Restore seperti di bawah ini.

 

Klik pada salah satu aplikasi yang akan dibackup misalkan game Need For Speed Hot Pursuit for Android. Pada pilihan yang muncul pilih Backup.


Tunggu sampai proses Backup selesai. Kalau Aplikasi atau game tersebut telah berhasil di Backup, akan ada icon Smiley di daftar aplikasi tersebut.

Keuntungan dari Backup menggunakan Titanium Backup adalah Anda bisa melakukan restore game atau aplikasi tersebut berikut save gamenya sehingga nantinnya Anda tidak harus mengulang bermain game dari awal, saat HP Android terjadi error.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Premium Themes | Website by Roynata - Premium Blogger Themes