Ponsel Android jadi CCTV

Untuk persiapan, kamu perlu ponsel Android dan notebook yang berintregrasi dengan WIFI atau PC yang dilengkapi perangkat  WIFI. kamu juga perlu aplikasi yang namanya IPCam, kamu bisa download di Android Market dengan kata kunci IPCam, kemudian instal. Setelah semua di persiapkan, Tutoriallnya sebagai berikut:

  1. Aktifkan fasilitas Tethering WiFi Sharing di ponsel Android.
  2. jalankan aplikasi IPCAm yang barusan diinstal. Dibagian bawah paling kiri kamu akan melihat tombol dengan huruf(i). itu adalah petunjuk penggunaan IPCam. Disebelahnya ada gambar kunci. Pilihan itu untuk memberikan otentikasi jika ada yang ingin mengakses kamera. Untuk percobaan ini, kosongkan saja pilihan itu.
  3. Pilih Setting Quality sesuai keinginan. Semakin baik Qualitynya, semakin lambat aksesnya, sebaliknya, semakin jelek Qualitinya akan semakin cepat. Pada bagian Size, pilih sesuai keinginan dan kemampuan ponsel.
  4. Tekan gambar IP dibagian bawah dan masukkan port yang aka dipakai. Gunakan port 8000 sebagai port default dan lanjutakan dengan memilih save
  5. Nyalakan kamera dengan menyentuh bagian kanan bawah gambar on/off. Disitu akan terlihat IP andress dari kamera beserta port-nya.
  6. SEkarang kembali ke notebook/komputer. Koneksikan WiFi dengan ponsel Android yang Tethering WiFi Sharing-nya sudah diaktifkan. Setelah terkoneksi, buka web browser dengan memasukkan alamat IP yang sesuai. Pada contoh, IP address yang dugunakan adalah 192.168.43.1 dengan port 8000. jadi pada address browser tuliskan http://192.168.43.1:8000/.
  7. selanjutnya pilih salah satu metode yang akan dipakai: web browser, media player atau lainnya.
 Sekarang Ponsel ANdroid bisa digunakan sebagai kamera CCTV seperti kamera biasa. kamu bisa menempatkannya diamana saja kamu mau asalkan sinyal WiFi dari android bisa diterima oleh komputer.
Selainnya menggunakan sharing dari WiFi secara langsung, kamu bisa juga menggunakan jaringan WiFi  yang sudah tersedia selama komputer dan notebook sama-sama bisa mengaksesnya. IP address dan Android akan mengikuti jaringan WiFi yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Premium Themes | Website by Roynata - Premium Blogger Themes