backup aplikasi pihak ketiga blackberryBackup aplikasi pihak ketiga blackberry sangat diperlukan, fungsinya untuk berjaga-jaga jikalau nantinya terjadi kerusakan pada sistem yang mengharuskan untuk melakukan penginstallan ulang Blackberry OS.
Backup aplikasi juga dibutuhkan ketika anda ingin mengganti blackberry lama dengan Blackberry yang baru. Jadi setelah dibackup,
aplikasi pihak ketiga dari Blackberry lama dapat dipindahkan ke Blackberry yang baru. Cara ini mempersingkat waktu disbanding harus menginstal aplikasi kembali satu persatu.
Untuk melakukannya anda memerlukan Blackberry Desktop Software, yang bisa di download secara gratis melalui situs resmi Blackberry (http://id.blackberry.com/services/desktop)

Cara backup aplikasi pihak ke tiga Blackbery

  1. Jalankan Blackberry Desktop Software kemudian hubungkan Blackberry anda ke computer dengan menggunakan kabel data USB.
  2. Pilih Device yang tersedia di area pojok kiri atas, kemudian pilih Switch Devices.
    Blackberry Device Software
  3. Berikutnya layar akan menampilkan daftar Blackberry yang terhubung dengan computer, klik pada Blackberry yang ingin dibackup.
    Blackberry device switch
  4. Selanjutnya anda diminta untuk memilih data apa saja yang ingin dibackup. Hilangkan tanda centang pada pilihan Device data dan pastikan pilihan Third party applications terpilih, kemudian klik next.
    Backup third party applicatins Proses pengambilan informasi aplikasi dari perangkat blackberry anda sedang berjalan.
  5. Setelah prose pengambilan backup selesai, selanjutnya akan muncul tampilan agar anda menghubungkan perangkat blackberry baru anda. Klik cancel aja ya.
    device switch ke new blackberry
  6. Dan hal terpenting yang harus diingat adalah mengamankan file backup yang telah dilakukan. Jangan tutup Blackberry Device Software, sebab file backup yang tersimpan pada folder temporary yang tersimpan dikomputer anda secara otomatis akan dihapus jika program ditutup. Untuk menghindari hal tersebut, kopi atau pindahkan terlebih dahulu data backup ketempat yang lebih aman. Cari data backup dengan cara membuaka RUN kemudian ketikkan %temp%.
    mencari lokasi backup Atau jika anda pengguna windows 7 dan vista pencarian dapat dilakukan langsung dengan membuka start > ketikkan %temp% pada kolom search.
  7. Maka akan terbuka jendela tempat penyimpanan data backup, cari folder dengan nama yang sesuai dengan PIN Blackberry anda. Lalu copy dan simpan file tersebut ke tempat yang lebih aman.
    lokasi backup tersimpan

Cara restore aplikasi pihak ketiga di Blackberry

  1. Jalankan Blackberry Desktop software dan hubungkan perangkat Blackberry anda.
  2. Pilih Applications pada sidebar menu di sebelah kiri dan proses pemindaian (scan) akan dilakukan.
    Blackberry applications search
  3. Jika proses selesai maka akan ditampilkan list aplikasi yang ada di blackberry anda. Klik Import files jika ingin merestore backup yang telah anda lakukan.
    Blackberry import files applications
  4. Lalu buka directory tempat anda menyimpan folder backup. Buka folder yang sesuai nama PIN Blackberry anda dan didalamnya ada file berekstensi .alx yang juga menggunakan nama sesuai dengan PIN Blackberry anda. Arahkan ke file tersebut ke file .alx dan klik open.
    blackberry import files locations
  5. Aplikasi yang bisa anda restore akan muncul pada applications summary dibagian bawah, untuk melanjutkan proses restore klik apply.
  6. Setelah proses restore selesai, program akan otomatis kembali ketampilan applications dan akan memindai perangkat anda kembali. Beberapa aplikasi tertentu mengharuskan perangkat melakukan reboot. Jika iya maka jangan lepaskan sambungan ponsel anda dari computer sampai perangkat selesai melakukan reboot dan terbaca kembali oleh Blackberry Device Software.
Dengan melakukan backup aplikasi pihak ketiga Blackberry maka dijamin aplikasi anda akan aman, meskipun terjadi kerusakan yang mengharuskan istallasi ulang Balckberry OS atau ketika ingin mengganti ponsel Blackberry lama dengan Blackberry yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Premium Themes | Website by Roynata - Premium Blogger Themes